Jokowi Ke Tanggamus, Pemda Poles Rute Yang Akan Dilalui Bagai Bangun “Candi Selesai Semalam”

Daerah

Tanggamus,Saksionline.com -Bakal menjadi hari bersejarah bagi warga Kabupaten Tanggamus, Lampung. Khususnya mereka yang berdomisili di wilayah Kecamatan Kotaagung dan sekitarnya, Besok ( 12/07/2024 )
 
Disebabkan, Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo (Jokowi) bakal mendarat di Lapangan Merdeka Kotaagung. Dari informasi yang berhasil dihimpun, “RI 1” diagendakan mengunjungi sejumlah lokasi di Kotaagung.


Data sementara dari rundown kunjungan Presiden Jokowi ke Tanggamus, setelah turun dari helikopter di Lapangan Merdeka Kotaagung, presiden akan menunaikan ibadah Solat Jumat di Masjid Al Islah Kotaagung. Kemudian makan siang di salah satu rumah makan sekitar Ruang Terbuka Hijau Ir. Soekarno.
 
Usai makan siang, Presiden Jokowi bergerak menuju Pasar Kotaagung untuk menyapa masyarakat setempat. Terakhir, presiden dua periode itu akan meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Batin Mangunang Kotaagung, via Jalan Soekarno-Hatta (pertigaan Islamic Center).


Durasi kunjungan Presiden Jokowi ke Bumi Begawi Jejama memang hanyalah sekejap. Namun yang sangat menarik, persiapan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Tanggamus bersama Pemerintah Provinsi Lampung untuk menyambut kepala negara itu, terkesan “overacting.”
 
Betapa tidak, hampir seluruh sarana/prasarana dan fasilitas umum (fasum) yang kondisi awalnya terabaikan oleh pemerintah setempat sampai bertahun-tahun, begitu mendapat kabar akan dikunjungi presiden, langsung “disulap” menjadi baik.


Rupanya demi “ABS” (asal bapak senang), apapun dilakukan oleh pemerintah setempat. Tak ubahnya kisah Roro Jonggrang yang membangun candi dalam semalam sampai sebelum ayam berkokok. Itulah sebabnya, mulai dari persimpangan ruas Jalan Ir. Juanda – Jalan Soekarno-Hatta, “dipoles” sedemikian rupa. Bahkan sampai trotoar dan median jalan pun dipercantik luar biasa.
 
Sangat disayangkan, hal itu berbanding terbalik dengan kondisi akses menuju RSUD Batin Mangunang Kotaagung via Pekon Kusa. Di sana, kondisi jalannya sungguh memprihatinkan.
Alih-alih melewati rute yang telah disiapkan protokoler dan dikebut dalam semalam, banyak warga dan netizen Tanggamus sangat berharap Presiden Jokowi justru memilih melintasi rute yang di luar dugaan. Seperti yang Jokowi lakukan ketika menginspeksi kondisi jalan di Kabupaten Lampung Tengah beberapa waktu lalu.
 
Diketahui sebelumnya, sejumlah ruas jalan di Kecamatan Kotaagung sebelum kedatangan Presiden Jokowi, terkesan diabaikan. Banyak sekali permukaan jalan yang rusak dan berlubang. Bahkan acapkali mengakibatkan banyaknya kecelakaan lalu-lintas yang menelan korban luka maupun jiwa.
 
Sumadi (51) warga Pekon Kusa, Kecamatan Kotaagung mengatakan, rute jalan yang akan dilewati presiden, dalam hitungan hari semuanya diperbaiki dan “dipoles”.
 
“Dari jalan yang berlubang langsung dibuat mulus. Trotoar yang kusam, langsung dicat ulang, dan masih banyak lagi yang lainnya. Persis seperti kisah Candi Prambanan yang rampung dalam semalam,” tutur Sumadi.
 
“Seperti peristiwa di Lampung Tengah dan Lampung Selatan dulu, andai saja nanti Pak Jokowi saat berkunjung ke RSUD Batin Mangunang tidak melalui jalan yang sudah disiapkan panitia, tapi justru melewati jalan Pekon Kusa, pasti akan sangat menarik,” ujar Sumadi sambil tersenyum.
 
Dari keadaan tersebut, masyarakat memahami, jika pemerintah memiliki niat untuk memperbaiki sarana/prasana dan fasilitas umum lainnya, sebenarnya tidak memerlukan waktu lama. Namun mengapa selama ini pemerintah justru terkesan tutup mata tutup telinga? Begitu tahu daerahnya akan dikunjungi atasan tertinggi, pemerintah setempat langsung kerahkan daya dan upaya maksimal untuk menyenangkan hati sang pemimpin. Apakah orientasinya pelayanan terbaik bagi masyarakat ataukah berburu pujian semata? Tanyakan pada rumput yang bergoyang. (Herwansyah)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *