Prajurit Pengamanan Perbatasan Papua Nugini Satgas Yonif 623/BWU Pulang Ke Kalsel

Daerah

Kalimantan Selatan,Saksionline.com -Setelah 15 bulan menjalankan misi pengamanan perbatasan di Papua Nugini, satgas dari Yonif 623/BWU pulang ke Kalimantan Selatan.

Rombongan prajurit tiba di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kamis (4/7). Menaiki KRI Teluk Palu-523, dari Sorong ke Kalsel perjalanan ditempuh selama delapan hari.

“Sebanyak 400 prajurit diberangkatkan, dan pulang pun lengkap dalam kondisi sehat,” ungkap Kasrem 101/Antasari Kolonel Inf Hari Santoso.

Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Ari Aryanto menyatakan, dalam misi tersebut prajurit menghadapi berbagai macam cobaan dan dinamika di lapangan yang akan menjadi pengalaman berharga bagi satuan.

“Prajurit Yonif 623 telah membuktikan dan mengemban tugas negara dengan baik. Mampu mengharumkan TNI AD maupun Kodam VI/Mulawarman, khususnya bagi Batalyon Infanteri 623/BWU,” kata Danrem dalam amanat yang dibacakan Kasrem.

Satgas ini berhasil membubarkan dan menangkap kelompok yang menggelar pelantikan badan pengurus OPM sebanyak 19 orang, pengembalian 7 orang yang terindikasi terlibat OPM, dan penggalangan satu orang OPM kembali ke pangkuan NKRI.

“Saya berharap kebanggaan dan keberhasilan prajurit dipertahankan menjadi motivasi dalam
pelaksanaan tugas ke depan,” sambungnya.

Sementara itu, Dansatgas Letkol Inf Dimas Yamma Putra mengutarakan selama 15 bulan menjalankan misi ia memperoleh banyak pengalaman.

“Kendala tidak ada, tetapi keberadaan TNI sempat mereka tolak kehadirannya. Mereka sangat antipati dengan TNI, tetapi kami terus pendekatan dan pada akhirnya mereka berusaha mempertahankan kami untuk berada di sana ketika satgas hendak ditarik,” kisahnya.

Pengalaman lain, satgas berhasil mengembalikan masyarakat yang selama ini memihak kepada Organisasi Papua Merdeka. “Upaya kami ternyata tidak sia-sia,” tukasnya.

“Kami juga berharap masyarakat Kalsel bisa memberikan dukungan kepada masyarakat Papua agar mereka berkembang untuk menjadi yang lebih baik,” tutupnya. (SO01-Dilansir dari Radar Banjarmasin).

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *